Liburan ke Tajung Bira, Tujuan wisata eksotis di Sulawesi Selatan

Kalau ke Makassar, salah satu destinasi yang wajib dikunjungi adalah Tanjung Bira. Berlokasi sekitar 187 km atau dengan waktu tempuh 4-5 jam dari kota Makassar. Tanjung Bira sangat populer dan sangat diminati wisatawan baik lokal maupun internasional, walaupun jaraknya cukup jauh dari kota Makassar. Begitu banyak tempat wisata eksotis di Tanjung Bira, mulai dari pantai Tanjung Bira, Pantai Bara, Tebing Appalarang hingga pulau-pulau disekelilingnya.

View Tanjung Bira (foto : Rifai)

Banyak hal yang disuguhkan Tanjung Bira. Anda dapat berenang, Snorkelling, Banana Boat, Berjemur, pre-wedding, hingga menginap di resort. Pantai di Tanjung Bira memiliki pasir putih yang sangat halus, bahkan ketika saya mengambil pasir yang basah, terasa seperti memegang adonan bakso. Air di lautnya juga sangat biru, bersih, dan bening, semua orang yang berkunjung kesana pasti akan terpukau melihat pesonanya. Di Tanjung Bira juga bukan hanya sekedar pantai. Banyak tebing, penginapan dan pemukiman penduduk sekitar, hingga sebuah puncak dimana anda bisa melihat Tanjung Bira sepenuhnya. Tanjung Bira begitu menyenangkan, hingga banyak wisatawan yang datang ke Makassar hanya untuk datang ke Tanjung Bira.

Perjalanan ke Tanjung Bira

Untuk Ke Tanjung Bira tentu pertama anda harus datang ke kota Makassar. Ketika anda telah tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, anda perlu ke Terminal Malengkeri untuk mendapatkan kendaraan umum yang menuju ke Tanjung Bira. Dari bandara menuju terminal Malengkeri, anda bisa menggunakan taxi atau shuttle bus lalu dilanjut dengan angkot/pete-pete. Di Terminal Malengkeri, anda bisa menaiki mobil panther yang berangkat langsung ke Bira-Bulukumba, ataupun Bis full AC dengan biaya sekitar 80.000. Atau jika anda ingin berkunjung ramai – ramai dengan kerabat/keluarga anda, sebaiknya cobalah merental mobil dengan tarif sekitar 300 Ribu/hari.

View Kincir Angin Di Jeneponto

Sepanjang perjalanan ke Tanjung Bira, anda akan melewati beberapa kabupaten dengan suguhan pemandangan yang begitu indah. Mulai dari pantai, pertanian garam, sawah, gunung, hingga jejeran kincir angin di Kabupaten Jeneponto. Jejeran kincir angin ditengah persawahan yang luas ini terlihat sangat indah, serasa di Belanda :D.

Penginapan di Tanjung Bira

Jika anda berencana menginap di Tanjung Bira, maka ada banyak pilihan penginapan yang menarik disana. Tarifnya variatif, mulai dari 150 Ribu hingga 2 Juta Rupiah per malamnya. Mulai dari penginapan tipe hostel hingga penginapan ala santorini ada di Tanjung Bira. Fasilitas penginapan – penginapan di Bira juga sangat lengkap, mulai dari kipas angin, ac, TV hingga wifi. Bahkan banyak penginapan di Bira yang sudah terrdaftar di situs booking.com , jadi semakin mudah untuk menentukan pilihan penginapan di Bira.

Sapoyya Beach, Penginapan Tradisional dengan fasilitas lengkap di Tanjung Bira

Untuk makanan disana, pada umumnya penginapan akan menawarkan menu/katering mereka diluar breakfast gratis yang ditawarkan beberapa penginapan tertentu. Tidak ada makanan begitu khas yang dijajakan di Bira, malah jika anda ingin bersantap di warung – warung tepi pantai. Kebanyakan mereka hanya menyajikan mie instan dan minuman. Harga makanan di Bira pun cukup mahal. Di Tanjung Bira, anda juga bisa berbelanja aneka cindremata yang dijual penduduk setempat.

Pantai – Pantai di Tanjung Bira

Ada banyak pantai di Tanjung Bira, mulai dari Pantai utama Tanjung Bira, Pantai Bara,Pantai Panranghulu, tebing appalarang, hingga pantai dengan penyu di pulau liukang loe. Semuanya sangat eksotis, bersih dengan pasir putih dan air yang biru. Pemandangan pantai di Tanjung bira sangat memukau, banyak tebing juga yang mengelilinginya. Kita bisa menikmati sunrise dan sunset yang sangat indah disana.

Sunset di Tanjung Bira (Foto : Rifai)

Menghabiskan waktu di pantai Tanjung Bira sangat menyenangkan. Bermain pasir dan berenang jadi kegiatan yang paling asyik jika dilakukan bersama kerabat/keluarga. Kita juga bisa menaiki Banana Boat dengan tarif 100 ribu/boatnya yang bisa dinaiki hingga 6 orang. Jika ingin pantai dengan deburan ombak lebih keras dan lebih eksotis serta sunyi, cobalah ke Pantai Bara.

Serunya Bermain Pasir di Pantai Tanjung Bira

Pantai di Tanjung Bira umumnya bersih hingga pasirnya terlihat begitu puith dan bersih. Namun sayangnya disiang hari, pantai biasa agak kotor akibat sampah dari pengunjung dan penduduk di pagi hari. Jadi sebagai wisatawan yang baik, kita perlu menjaga tujuan wisata yang indah ini dengan tidak mengotorinya, kalau perlu pungutlah 1-2 sampah jika anda melihatnya disana.

Bagaimana tertarik liburan ke Tanjung Bira?

Pantai Bara
Please follow and like us:

22 komentar untuk “Liburan ke Tajung Bira, Tujuan wisata eksotis di Sulawesi Selatan”

  1. Suka banget sama pasirnya mas. Putih ya! Kalau di sini tuh kebanyakan warna hitam pasirnya. Tapi kondisinya hampir sama, kalau siang di sini juga kotor mas. Seharusnya masyarakat sadar untuk nggak buang sampah sembarangan di pantai.

  2. Ahhhhh jadi kangen Tanjung Bira, aku juga sudah pernah kesna tahun 2013, kangen main di penginapan yang bentknya kaya kapal itu, sarapan disitu…aahhh.
    Thx ya kak, baca blog ini aku jadi kaya nostalgia, hehehe

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *