Mencari Calon Ibu Kota Baru Yang Bisa Diharapkann

Kota Jakarta (Doc.Pribadi)

Jakarta kota yang memiliki penduduk sekitar 10 juta jiwa dengan luas daratan kurang dari 700 km persegi ini sudah sangat padat. Setiap tahun, bahkan setiap harinya, ada orang yang memilih datang ke Jakarta untuk mengadu nasib mereka.

Jakarta berada di dataran yang sangat rendah. Bahkan Jakarta mengalami penurunan air tanah setiap tahunnya akibat beban kota yang sudah tidak kuat dia tanggung lagi. Akibatnya, banjir sering mengepung kota Jakarta. Bahkan beberapa kajian mengatakan beberapa puluh tahun kedepan Jakarta diperkirakan bisa tenggelam.

Salah satu sisi kota Jakarta (Doc.Pribadi)

Selain banjir, kepadatan penduduk dan banyaknya pemilik kendaraan pribadi membuat Jakarta terjebak dalam kemacetan setiap harinya. Lahan kota yang sudah sangat penuh dan sumpek membuat kota ini benar – benar sudah tidak ideal lagi untuk terus dikembangkan kedepannya. Lokasi geografis kota Jakarta juga rawan dari gempa bumi dan bencana – bencana lainnya. Usaha pemerintah untuk membuat dinding tanggul juga diperkirakan belum cukup untuk melindungi ibu kota tercinta kita ini.

Memindahkan Ibu Kota

Sudah lama rencana ibu kota Indonesia akan dipindahkan berdengung, namun belum pernah terealisasikan. Hingga kabar pemerintah benar – benar akan memindahkan ibu kota, membuat heboh masyarakat.

Calon ibu kota yang baru diharapkan bebas dari ancaman bencana alam dan juga layak huni. Beberapa calon daerah ibu kota barupun bermunculan, 2 yang terkuat diantaranya adalah Kalimantan dan Sulawesi Bagian Selatan. Kota Makassar, kota yang saya tinggali saat ini tidak luput dari pencalonan. Menurut saya Makassar memang begitu ideal, letak geografisnya yang berada tepat di tengah Indonesia diduga akan sangat sempurna untuk pendistribusian serta pemerataan pembangunan di Indonesia.

Makassar juga termasuk kota yang diduga aman dari berbagai ancaman bencana alam. Kondisi alam kota Makassar, mulai dari ketersediaan air bersih, sumber pembangkit listrik maupun sumber alam lainnya sangat baik dan layak. Makassar juga memiliki pertumbuhan ekonomi penduduk dengan rata – rata yang sangat tinggi di Indonesia.

Kepadatan Kota Makassar (Doc.Pribadi)

Namun dibalik idealnya kota Makassar sebagai calon ibu kota, Makassar juga tengah menghadapi berbagai masalah. Kota yang hanya memiliki luas daratan sekitar 199 km persegi ini juga telah dihuni oleh jutaan manusia. Pertumbuhan penduduk di kota Makassar sangatlah cepat, data sensus penduduk menujukkan pada tahun 2010, penduduk kota Makassar berjumlah 1,3 juta jiwa, dan di tahun 2017 telah menembus angka 1,8 juta jiwa.

Wilayah yang cukup sempit dengan penduduk yang begitu banyak membuat Makassar juga tidak begitu ideal sebagai calon ibu kota. Bahkan Makassar telah melakukan beberapa reklamasi untuk terus melakukan pembangunan seiring dengan semakin penuhnya wilayah yang telah digunakan di kota ini. Kemacetan parah dan banjir yang mulai mengepung Makassar beberapa tahun belakangan juga menjadi masalah utama di kota Makassar.

Kita tentu berencana memindahkan ibu kota untuk mengurangi beban dan masalah yang ada di Jakarta. Bukan malah memindahkan masalah yang ada ke kota yang lain. Oleh karena itu, daerah yang masih lega dan nyaman seperti Kalimantan sangat ideal untuk calon ibu kota kita yang baru.

Kalimantan Lokasi yang Ideal?

Kalimantan terlihat memiliki banyak potensi, populasi yang sedikit dengan wilayah yang sangatlah luas membuatnya sangat nyaman untuk dihuni. Kekayaan alam di Kalimantan juga begitu melimpah, bencana alam juga tidak pernah menerjang.

Namun Kalimantan juga memiliki beberapa sisi negatif, diantaranya sulitnya ketersediaan air bersih. Air sungai, bahkan air kran disana hampir setiap hari berwarna kuning keruh. Air yang kuning bahkan kita temui juga di banyak pantai di Kalimantan. Selain air, hutan juga sering terbakar dan memperburuk udara yang ada di sana. Saya tidak tahu apakah semua wilayah di Kalimantan mengalami kesulitan dan masalah yang sama atau tidak.

Banyak yang menyalahkan aktivitas pertambangan sebagai penyebab dari semua masalah yang ada disana. Namun saya pribadi tidak bisa ikut sepenuhnya menyalahkan aktivitas pertambangan yang ada di sana, sebab bisa saja ini karna faktor alam dan cuaca panas yang ekstrim di Kalimantan itu sendiri.

Kota Palangkaraya (Source : getborneo.com )

Hingga saat ini, lokasi pasti calon ibu kota baru belum ditentukan. Namun, calon lokasi terkuat saat ini adalah kota Palangkaraya. Kota yang sudah sejak dahulu disebut sebagai calon ibu kota masa depan oleh presiden pertama Indonesia ini sepertinya begitu layak. Dilirik dari luas wilayah hingga 2000 km persegi dengan penduduk yang hanya beberapa ratus ribu jiwa saja, serta tata kota yang masih sangat rapi dan sangat banyak lahan yang masih kosong, benar – benar ideal untuk dibangun menjadi sebuah ibu kota masa depan.

Kekurangan lain Palangkaraya adalah kota yang jauh dari laut dan pantai, tetapi dibelah sungai yang besar. Namun yang jelas Kalimantan adalah pulau yang kaya. Pulau yang hasil alamnya perlu dikelola dengan baik oleh pemerintah dan hasilnya didistribusikan secara merata ke seluruh Indonesia.

Intinya, dimanapun calon ibu kota kita yang baru. Harapannya, calon ibu kota tersebut benar – benar telah diteliti kelayakannya dan dipersiapkan dengan baik. Semoga calon ibu kota kita yang baru adalah kota yang nyaman, kaya, dan di lokasi yang baik. Sehingga bisa menunjang aktivitas negara kita dengan baik dan bisa mengantarkan negara kita menjadi negara yang maju.

#Bappenas #IbuKotaBaru

Please follow and like us:

26 komentar untuk “Mencari Calon Ibu Kota Baru Yang Bisa Diharapkann”

  1. mungkin mau dimana aja ibukota kita kalau mental penduduknya masih seperti sekarang, hasilnya akan sama aja gak sih.. kayak di jakarta juga..
    takutnya kalo ibukota bener jadi dipindah ke kalimantan, pasti disana juga akan buka lahan gak sih. padahal kalimantan kan terkenalnya sebagai paru-paru indonesia yaa..
    tapi semoga aja walaupun ibukota dipindah ke daerah yang tidak terlalu ramai, tidak akan merusak ekosistem dari daerah tersebut aja. dan semoga justru bisa menjaga daerah tersebut agar menjadi lebih baik lagi.. amin (secara kan kalimantan sering terjadi pembukaan lahan secara ilegal)

    1. Aku sebenarnya kurang paham bahasannya beginian ๐Ÿ˜ cuma aku kemarin sempet baca katanya mau pindah di Kalimantan. Sodara sodari aku disana semua. Ya kita sih berharap yang terbaik saja untuk kemajuan Bangsa Indonesia

  2. Mending ke bogor aja pindahnya, kalau ada demo kan bisa langsung bubar karena diguyur ujan, istana presiden jg dkt di bogor. Tinnggal monasnya aja di pindahin ke.kehun raya ๐Ÿ˜‚

  3. Saya pribadi merasa pemerintah mesti mempertimbangkan lebih dalam perihal aspek ekologi. Secara, hutan di Kalimantan itu masih cukup terjaga. Dan, sayang banget kalau hutan-hutan ini dibuka hanya untuk alasan lahan tempat tinggal. Karna otomatis perpindahan ibukota ini makin lama akan diikuti juga dengan arus perpindahan masyarakat yang berupaya mencari peruntungan di ibukota baru. Just opinion ya hehee

  4. Saya juga pro banget sama rencana pemindahan ibu kota ini. Rencana ini akan memberi angin perubahan terhadap pemerataan pembangunan ke Indonesia Timur. Tentang masalah air yg keruh, sebenarnya tentu bisa diatasi dengan teknologi tentunya. Salam kenal ๐Ÿ™‚

  5. Kalimantan bagiku lumayan layak untuk dijadikan ibukota. Tidak semua air di Kalimantan keruh, mungkin di beberapa tempat iya. Tapi di tempat-tempat lain, air lumayan bersih. Di pantai yang tidak banyak dikunjungi juga airnya lumayan bersih. Memang penting banget sih untuk meriset lagi dan merencanakan agar ibukota baru bisa lebih baik dari Jakarta

  6. Ngomongin calon ibu kota, saya pribadi malah gak merekomendasikan makassar walaupun saya sendiri orang makassar. Alasannya simple, mau ditaruh di mana? Di sini aja sudah sumpek parah kayak Jakarta belum lagi masih ada masalah perkotaan yang harus diselesaikan. Untuk itu, makassar dilewatin dulu. Percayalah meski makassar gak jadi ibukota setidaknya kota ini masih jadi primadona di wilayah indonesia timur. Ngomongin kalimantan nih, saya pribadi malah nyenter kalimantan timur dan kalimantan selatan. Secara penataan ruang, kedua wilayah ini sudah sangat berpotensi karena ketika wilayahnya yang stratgeis yang di tengah indonesia sentris juga sudah didukung beberapa fasiltas aksesbilitas transportasi yang memudahkan dalam pembangunan. Gak cuman itu, pertahanan keamanan juga harus diperhatikan karena kalau di palangkaraya malah itu sangat dekat dan atau berbatasan dengan negara lain jadi riskan jika terjadi penyerangan dunia luar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *