KLIKKK ABG – Website baru dari Kementerian Ketenagakerjaan RI

Selasa pagi, 20 Agustus 2019. Kementerian Ketenagakerjaan RI mengadakan Soft Launching Website bernama KLIKKK ABG di Balai Besar Pengembangan K3 Makassar.

ABG? namanya lucu yah…? tapi ini bukan website khusus anak ‘ABG’ seperti yang kita tahu ya..

KLIKKK ABG merupakan singkatan dari Kolaborasi Layanan Informasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Academinc, Business, and Government. So, sesuai namanya website ini hadir buat menjembatani 3 ‘ABG’ tadi. Yaitu para akademisi/mahasiswa (Academic), para pebisnins (Bussines), dengan pemerintah (Government) yang menjadi tonggak dalam upaya membudayakan K3 di Indonesia.

Adapun launchingnya website ini dilakukan di Balai Besar Pengembangan K3 Makassar dengan mewakili pemerintah dalam naungan Kementerian Ketenagakerjaan.

Mengenal BBPK3 Makassar

Sebelumnya sudah kenal dengan Balai Besar Pengembangan K3 Makassar (BBPK3 Makassar) belum?

Kalau belum simak dulu profil mereka di video ini yuk,

Setelah mengenal BBPK3 Makassar ,salah satu lembaga penyelenggara K3, tapi apakah kalian tahu apa artinya K3?

K3 merupakan singkatan dari Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan kerja. K3 adalah suatu bidang mengenai keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan manusia yang bekerja pada sebuah institusi ataupun lokasi proyek.

K3 menjadi salah satu hal penting dan wajib diterapkan oleh semua perusahaan. Hal ini juga tertuang dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003 pasal 87.

Lalu untuk apa Aplikasi KLIKKK ABG dibuat?

KLIKKK ABG sengaja dibuat oleh Ibu kepala BBPK3 Makassar, ibu dr Hj Aminah AS, M.kes. agar para ‘ABG’ yang dimaksud dapat berkolaborasi dengan baik dalam menjalankan, menerapkan dan menyebarkan pentingnya K3. Seperti yang dijelaskan bapak Fungsional Penguji K3 Ahli Pertama di BBPK3 Makassar ,Pak Syukur S.T. “Ini(Aplikasi KLIKKK ABG) merupakan langkah kongkrit untuk menggabungkan academic, business, dan government. Kalau tidak akan terpisah-pisah, tidak ada satu titik yang mempertemukannya. Forum ini bisa mempertemukan semuanya.”

KLIKKK ABG sendiri terdiri dari 3 komponen utama, diantaranya ;

  1. Komponen pertama adalah forum diskusi dan informasi, dimana forum ini dihadirkan sebagai wadah untuk user berkonsultasi, membaca, maupun berdiskusi mengenai informasi dan regulasi seputar K3. Peserta forumpun tentu dari ‘ABG’ tadi. Baik para akademisi, mitra perusahaan, maupun pegawai di lingkungan Balai Besar Pengembangan K3 ataupun instansi pemerintah terkait lainnya.
  2. Komponen keduanya adalah portal permohonan pengujian dan pelatihan. Dimana pada portal ini, semua mitra yang pengen mengajukan jasa pengujian lingkungan dan pemeriksaan kesehatan, ataupun untuk mengikuti pelatihan K3 bisa makin mudah. Bahkan katanya ada diskon sebesar 30% untuk mahasiswa yang mengajukan pengujian/pelatihan loh.
  3. Komponen yang lain adalah monitoring, yang mana pada monitoring, user dapat melakukantracking sample sehingga dapat melihat sampai tahap mana proses pengujian telah dilakukan. Dan rupanya tracking sample ini belum pernah ada di website lain.

Program ini berawal dari ide Ibu kepala BBPK3 Makassar, ibu dr Hj Aminah AS, M.kes

Fungsinya mirip aplikasi yah? Karena pada dasarnya, Website KLIKKK ABG ini dibuat berupa aplikasi berbasis website, dan KLIKKK ABG ini sengaja dibuat melalui website agar mudah diakses dimana dan kapan saja, seperti forum forum online pada umumnya.

Aplikasi berbasis website ini diharapkan bisa memberi kemudahan agar kebutuhan informasi tentang K3, serta alur proses layanan permintaan pengujian K3, pemeriksaan kesehatan kerja dan pelatihan semakin transparan dapat terpenuhi dengan cepat.

Pasti pada penasaran kan alamat dari aplikasi berbasis website yang keren banget ini.

Buat para ‘ABG’ Langsung aja yuk cek di

http://klikkk-abg.kemnaker.go.id/

Mari kita berharap dengan adanya website ini, penerapan dan penyebaran informasi mengenai K3 semakin mudah.

Please follow and like us:

2 komentar untuk “KLIKKK ABG – Website baru dari Kementerian Ketenagakerjaan RI”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *