Jalan – Jalan dengan Kereta Api di Sulawesi Selatan?

Naik kereta api di Sulawesi Selatan?

Boarding Pass Undangan Komunitas

Mungkin pernyataan ini membuat banyak orang bingung. Sebab yang kita ketahui selama ini, kereta api hanya ada di pulau Jawa dan Sumatera.

Tapi bagi sebagian orang, mungkin juga telah mengetahui, kalau di Sulawesi itu sedang berlangsung pembangunan jalur kereta api. Tepatnya untuk tahap pertama, sedang dilakukan pembangunan jalur kereta dari Pare-Pare ke Makassar.

Tapi, apakah kalian sudah tau, jalur kereta yang sedang dibangun ini telah terpasang sebuah kereta inspeksi yang sudah beberapa kali diuji coba pada beberapa kesempatan?

Jadi sedikit cerita pada Rabu, 21 Agustus 2019 lalu. Raya melalui Komunitas Blogger AngingMammiri Makassar ikut dalam undangan komunitas untuk merasakan uji coba jalur kereta api yang sebagian telah dikerjakan di Sulawesi Selatan ini.

Jalur yang sudah jadi ini sudah membentang sepanjang kurang lebih 45 Km disepanjang Kabupaten Barru. Tepatnya mulai dari wilayah Pakkae, daerah ujung Kabupaten Barru yang berbatasan dengan Kabupaten Pangkep, hingga wilayah Palanro, daerah ujung disisi yang lainnya yang berbatasan dengan Kota Pare-Pare.

Jalur dari Pakkae ini akan terus dilanjutkan hingga targetnya akan terhubung dengan Kota Makassar pada tahun 2021 nanti.

Planning Segmentasi Pembangunan KA Sulawesi Tahap 1

Dari informasi yang saya dapatkan dikantor proyek, yang nantinya akan menjadi stasiun Pakkae. Kereta api di Sulawesi Selatan ini rupanya sudah direncanakan masterplannya sejak tahun 2001 loh. Namun baru mulai dilanjutkann kembali perencanaannya pada tahun 2012, dan dimulai pembangunannya pada tahun 2015 lalu.

Beberapa tahun belakangan proyek ini sempat terhambat karena masalah pembebasan lahan. Namun pada tahun 2019 ini, diperkirakan masalah yang ada akan terselesaikan. Kemudian pembangunan dikebut lagi dengan target beroperasi dari Makassar hingga perbatasan Kota Pare-Pare pada tahun 2021, apabila tidak ada hambatan lagi.

Seperti Apa Kereta di Sulawesi Selatan?

Maafkan Terlalu Naris XD

Karena kereta yang kami gunakan kemarin itu adalah kereta khusus, alias kereta inspeksi dengan fasilitas-fasilitas yang super ‘wah’. Jadi, kami belum berani mengekspektasikan lebih ya. Tapi dari penjelasan pihak terkait, fasilitas dan layanan kereta yang akan beroperasi di Sulawesi Selatan nanti, kurang lebih hampir sama dengan fasilitas kereta ini.

Saya ingin menceritakan sedikit hal-hal yang ada didalam kereta inspeksi kemarin.

Pertama, fasilitas kursi penumpang yang ada konfigurasinya 2-2 dengan kursi yang saling berhadapan. Saya kurang pasti berapa jumlah kursi yang tersedia, yang pasti belum mencapai 50 kursi dalam 1 gerbong kursi penumpang ini.

Gerbong Penumpang

Tapi yang menarik, kursi penumpangnya terasa sangat nyaman, dengan fasilitas meja makan, dan juga sandaran kepala yang luar biasa nyamannya.

Di gerbong selanjutnya, ada ruang rapat yang terlihat cukup mewah. Kursi di ruang rapat ini berjumlah sekitar 10-12. Kursinya nyaman, dan dapat berputar 360 derajat, tapi kursi di ruang rapat ini sudah menempel dengan lantai gerbong sehingga tidak dapat digeser, ini berguna untuk melindungi peserta rapat agar terhindar dari goyangnya kereta.

Gerbong “Meeting Room”

Meja rapat di gerbong ini juga luas dan nyaman, dilengkapi juga dengan fasilitas LCD, pengeras suara dan beberapa colokan listrik.

Selanjutnya ada gerbong yang entah saya sendiri bingung mau nyebutnya gerbong apa, XD. Tapi di gerbong ini ada beberapa kursi yang menghadap ke jendela, dengan meja-meja kecil disebelahnya, lengkap dengan sebuah TV dan perangkatnya di tengah gerbong.

Sebuah Gerbong Santai

Gerbong ini mirip seperti ruang keluarga, yang sangat nyaman diatas sebuah kereta api. Sangat cocok untuk bersantai dan bersenda gurau bersama keluarga. Dan bisa saja ini adalah gambaran sebuah gerbong VIP/Khusus di kereta yang akan beroperasi nantinya. Atau mungkin gerbong ini hanya ada di kereta ini? Kita tunggu saja.

Tapi, sekali lagi saya tegaskan. Semua gambaran gerbong kereta yang ada diatas hanyalah ada di kereta inspeksi yang saat di ini dioperasikan khusus untuk moment tertentu. Tapi dibalik kesempatan naik kereta di Sulawesi Selatan ini. Point utamanya adalah untuk menguji coba jalur kereta yang ada, dan merasakan sensasi naik kereta di pulau Sulawesi.

Bagaimana Sensasi Naik Kereta Api di Sulawesi?

Rasanya sangat menyenangkan bisa merasakan naik kereta di kampung sendiri. Sensasinyapun cukup berbeda. Melihat hamparan sawah yang luas dengan gunung dan bukit serta perkampungan di kabupaten Barru yang tidak sepadat di Jawa, memberikan keindahan dan kesan tersendiri.

Lucu rasanya ketika kereta kami lewat. Banyak hewan ternak di tepi sawah seperti sapi dan kambing yang terkejut, bahkan berlari ketika melihat kereta ini. Hewan-hewan ini mungkin sangat terkejut melihat sebuah benda yang sangat asing di lingkungannya melintas. Begitu pula anak-anak di perkampungan yang kami lalui, banyak yang berlarian dan melambai ke kereta kami. Benar-benar menyenangkan.

Jalur rel kereta ini dibuat lebih tinggi

Oh iya, masyarakat yang menengok kereta kami melintas, semua berada di tempat yang aman. Sebab jalur kereta di Sulawesi ini dibuat lebih tinggi dari dataran yang ada. Jalur yang melewati jalan umum juga semuanya dibuatkan jalan layang atau terowongan, sehingga tidak ada lagi palang kereta yang akan membahayakan masyarakat seperti jalur-jalur kereta lama di Indonesia. Inilah salah satu keunggulan jalur kereta di Sulawesi.

Selain itu keunggulan lainnya dari calon kereta di Sulawesi nanti iyalah rel dan gerbongnya akan lebih lebar dan lega, dibanding gerbong dan rel yang sudah ada selama ini. Kecepatan keretanyapun nantinya akan dibuat lebih cepat. Namun, saat kami mengikuti uji coba ini, kecepatan kereta sengaja dibuat lambat agar kami bisa merasakan sensasinya lebih lama.

Bagaimana menurut kalian kereta di Sulawesi ini? Keren ya. Jadi makin gak sabar, buat naik kereta di Sulawesi.

Mari sama-sama kita dukung dan mendoakan semoga proyek kereta ini bisa selesai sesuai targetnya. Semoga juga pembangunan kereta ini bisa segera menjangkau seluruh provinsi di Sulawesi. Dan tentu kita juga berharap kereta bisa terbangun di seluruh daerah di Indonesia, untuk Indonesia yang lebih maju.

Intip perkembangan pembangunan kereta di Sulawesi juga yuk di instagram @sulsel.rail .

Terimakasih banyak kepada seluruh pihak pembangunan kereta di Sulawesi Selatan, atas kesempatannya di uji coba kereta ini. 🙂

Please follow and like us:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *