Berburu Kuliner Terkenal Makassar di Pucuk Coolinary Festival

Makassar, kota yang dipenuhi ribuan warung, kedai, hingga cafe di setiap sudut jalannya. Masyarakat di kota ini memang terkenal suka berburu jajanan dan menghabiskan waktu di tempat-tempat kuliner.

Perkembangan kuliner di Makassar juga cukup menarik, jika sebuah kedai baru dibuka dan mampu mempromosikan dagangannya dengan baik. Siap saja, masyarakat di kota ini akan berbondong – bondong datang ke kedai tersebut.

Kuliner di Makassar juga sangat banyak variannya, mulai dari jajanan manis yang kebanyakan terbuat dari pisang seperti sanggara, pisang ijo, hingga pisang epe’ yang akan mudah kita temui di Pantai Losari. Hingga olahan makanan gurih yang juga sangat banyak pilihannya seperti, Pallubasa, Coto, Sop saudara, Jalangkote dan lainnya.

Jadi, gak heran yah, kalau Makassar pada tahun 2016 lalu telah dinobatkan sebagai salah satu kota wisata kuliner di Indonesia. Tentu saja, kuliner-kuliner asal Makassar memang sangat terkenal.

Nah karena itu, Pucuk Coolinary Festival diadakan di Lapangan Parkir Phinisi Point Mall Makassar pada 2-3 November 2019 lalu. Dan Makassar adalah kota ke-4 dan terakhir, setelah sebelumnya Pucuk Coolinary Festival ini diadakan di Yogyakarta, Medan, dan Palembang.

Apa itu Pucuk Coolinary Festival?

Pucuk Coolinary Festival

Pucuk Coolinary Festrival ini adalah festival kuliner terbesar, dan sebelumnya pernah digelar di Malang dan Bandung pada 2018 lalu.

Biasanya sih, orang-orang di Makassar akan menyerbu kuliner-kuliner yang rasanya sudah sangat terkenal enaknya. Tapi, sayangnya kuliner-kuliner yang terkenal di Makassar, jaraknya berjauhan satu sama lain. Sehingga kalau mau berburu kuliner di kota ini, yah memang harus menyisihkan waktu dan berpindah-pindah.

Jadi, Pucuk Coolinary Festival ini mendatangkan 100 tenant lebih loh, kuliner dari berbagai penjuru di Makassar. Bahkan ada banyak kuliner-kuliner ternama seperti Bakso Ati Raja, Aroma Coto Gagak, Sop Saudara Irian, Makassar Baklave, Otak-Otak Ibu Ely, dan banyak lainnya.

Zona Gurih, Salah satu zona makanan di Pucuk Coolinary Festival

Kuliner-kuliner ini terbagi dalam 3 zona yang bisa kita kunjungi di Pucuk Coolinary Festival ini, yaitu Zona Pedas, Zona Manis, hingga Zona Manis. Jadi kalian tinggal ‘Temukan Rasa Favoritmu’ aja nih.

Bukan hanya kuliner terkenal saja. Tenant yang diajak bergabung di Pucuk Coolinary Festival ini berasal dari berbagai UMKM, namun dengan syarat mereka memiliki sebuah kedai yang bisa dikunjungi di Makassar. Dengan harapannya, para pengunjung yang datang di Pucuk Coolinary Festival ini bisa berlanjut datang ke kedai-kedai tetap mereka. Jadi Pucuk Coolinary Festival ini memiliki tujuan lain juga untuk mensejahterakan para pelaku usaha kuliner ini guys.

Makanan Khas Makassar

Festival ini juga didukung langsung loh, oleh pemerintah kota Makassar, bahkan pemerintah provinsi Sulawesi Selatan. Bahkan pemerintah setempat sendiri mengatakan, festival ini jadi inspirasi untuk pengembangan potensi kuliner di Sulawesi Selatan, khususnya di Makassar.

Keseruan Lainnya di Pucuk Coolinary Festival Makassar

Dalam rangkaian acara Pucuk Coolinary Festival lalu, ada sesi Happy Hour di jam-jam tertentu. Di waktu Happy Hour ini, para pengunjung bisa menikmati kuliner dengan mendapay voucher potongan harga senilai Rp 10,000 loh!

Voucher Makan di Pucuk Coolinary Festival

Rangkaian acara seru lainnya, ada Spicy King Noodle Contest yang merupakan kontes makan mie jumbo super pedas, yang bisa diikuti para pengunjung dan pemenangnya berkesempatan membawa pulang hadiah yang sangat menarik.

Bukan hanya disitu saja guys. Para pengunjung juga bekesempatan loh untuk memnangkan undian hadiah Grand Prize 1 Unit Motor Yamaha NMax per harinya. Jadi, setiap struk belanja dari pengunjung, bisa di tukarkan dengan 1 buah kupon undian.

Selain itu lagi nih, sebagai bukti Teh Pucuk Harum mensupport para pelaku usaha kuliner. Pucuk Coolinary Festival ini akan memberikan tenant favorit uang tunai jutaan rupiah untu memajukan bisnis kulinernya guys.

Tapi, dari itu semua. Ada satu hal nih, yang paling saya suka dari Pucuk Coolinary Festival ini. Karena Festival ini membagikan 10,000 porsi otak-otak ikan tenggiri untuk para pengunjung yang membawa botol kosong Teh Pucuk Harum. Jadi, setiap menukarkan 2 botol kosong teh pucuk harum, akan mendapatakan 1 porsi otak-otak, dan itu berlaku kelipatannya guys. Jadi event ini memang benar benar befaedah banget deh, sampai membantu mengurangi sampah plastik gitu.

Penukaran botol Teh Pucuk Harum dengan Otak-Otak Ikan Tenggiri

Gimana, apa kalian datang ke Pucuk Coolinary Festival kemarin?, datang sama siapa nih?. Festival kemarin tambah seru yah, karena ada penampilan dari Andmesh di penghujung acaranya.

Penampilan Andmesh menutup rangkaian acara Pucuk Coolinary Festival Makassar

Buat kalian yang kemarin gak sempat datang, rugi banget ya. Mari kita berharap aja, semoga Pucuk Coolinary Festival ini diadakan lagi tahun depan di Makassar. ๐Ÿ˜€

Please follow and like us:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *