Tips&Trend

5 Alasan Mengapa Bahasa Jepang Sebaiknya Dipelajari

Zaman semakin berkembang, pertukaran pemikiran dan keahlian antarnegara saat ini terus dilakukan seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Saat ini, setiap orang juga dituntut untuk menguasai bahasa asing, khususnya untuk mereka yang ingin melamar pekerjaan ataupun yang ingin berkarir di dunia internasional. Kemampuan bahasa asing sekarang sudah menjadi sebuah investasi yang harus dimiliki setiap orang.

Kemampuan bahasa asing akan menjadikan nilai tambah dalam persaingan karir saat ini. Bahasa inggris bahkan dinilai wajib, tetapi kemampuan bahasa asing lain akan memberikan point tambahan tersendiri.

Berbagai bahasa asing selain bahasa inggris kian populer dipelajari saat ini, khususnya bahasa asing yang berasal dari negara maju, produktif, dan negara penuturnya memiliki prospek karir yang luas.

Salah satu bahasa yang cukup populer dipelajari dan memiliki manfaat yang cukup baik ketika dikuasai adalah bahasa jepang. Bukan tanpa alasan, mempelajari bahasa jepang memang memiliki banyak manfaat dan alasan yang cukup bagus untuk mulai dipelajari.

Beberapa orang tertarik mempelajari bahasa jepang diantaranya agar dapat mengikuti anime tanpa sub-title, melanjutkan studi ataupun berkarir disana.

Tapi, biar keinginan kalian makin kuat untuk mulai belajar bahasa Jepang, perlu kalian simak 5 alasan mengapa bahasa Jepang sebaiknya dipelajari berikut,

1. Jepang adalah negara dengan industri yang sangat maju

Pesatnya Industri di Jepang (Ilustrasi : Canva)

Jepang adalah salah satu negara yang sangat produktif dalam memproduksi berbagai hal. Mulai dari bahan makanan, kebutuhan sehari-hari, pakaian, perangkat elektronik hingga robot. Kita yang diluar jepangpun akan sangat mudah menemukan produk-produk produksi Jepang ataupun yang bertuliskan huruf-huruf Jepang.

Kemampuan bahasa jepang tentu akan bermanfaat dalam persaingan global. Saat ini, tidak sedikit bidang ataupun perusahaan yang menjadikan kemampuan bahasa jepang sebagai nilai tambah selayaknya bahasa mandarin.

2. Saat ini Jepang memiliki penduduk dengan angkatan kerja yang terus menurun. Ada banyak kesempatan buat kamu yang mau berkarir disana

Workers (Ilustrasi : Canva)

Berbanding terbalik dengan Indonesia, Jepang saat ini dilanda kekurangan tenaga kerja. Sebab industri terus bermunculan di negara matahari terbit tersebut, tetapi jumlah dan pertumbuhan penduduk disana masih dianggap tidak mengimbangi. Jika melihat data 2019 lalu, setidaknya ada 161 pekerjaan untuk 100 pencari kerja disana.

Itu sebabnya mengapa kesempatan untuk berkarir di Jepang bagi WNA selalu terbuka seluas-luasnya, dan gelombang tenaga kerja asing ke Jepang terus bertambah. Jepang juga merupakan negara dengan perekonomian tertinggi ke-3 di Dunia dan tentu sangat menjanjikan bagi semua orang untuk berkarir disana.

3. Tes kemampuan bahasa Jepang dengan sertifikat resmi mudah kita temukan di mana saja

Ini adalah salah satu alasan yang paling kuat mengapa kamu harus mempelajari bahasa Jepang. Selayaknya IELTS dan TOEFL dalam bahasa inggris, Jepang juga secara resmi membuka test kemampuan bahasanya di lebih dari 120 negara di dunia berupa JLPT (Japanese Language Proficiecy Test). Ini adalah salah satu bentuk kesempatan yang luas yang diberikan pemerintah Jepang untuk tenaga kerja asing berkarir di negaranya. Dibandingkan IELTS/TOEFL, Hasil tes JLPT sendiri menjadi salah satu syarat yang lebih diutamakan untuk mendapatkan pekerjaan ataupun beasiswa di Jepang.

Di Indonesia sendiri testnya bisa diikuti setiap tahunnya di 12 kota besar yang tersebar dari Sumatera hingga Sulawesi loh. Bahkan dibeberapa kota tertentu tes ini diadakan 2x dalam setahun. (Selengkapnya di JLPT Online)

4. Biaya Tes JLPT yang Lebih Terjangkau dan Tanpa Masa Berlaku

Sertifikat JLPT (Ilustrasi medium.com)

Yupp, selain mudah diikuti dimana saja. Biaya tes JLPT ini sangat sangat terjangkau! Kita tidak perlu merogoh kocek hingga jutaan rupiah seperti TOEFL dan IELTS. Tes bahasa Jepang ini memiliki biaya yang lebih terjangkau yang disesuaikan dengan level yang diambil. Mulai dari Rp.120.000 untuk level kemampuan N5 (Pemahaman Pemula), hingga hanya Rp.220.000 untuk level N1 (Master).

Karena tes JLPT ini bisa diikuti sesuai tingkatan kemampuan tertentu, maka sertifikatnya juga tidak memiliki masa berlaku seperti TOEFL dan IELTS. Wahhh, pasti bakal berguna banget yah dan pasti menjadi nilai tambah sertifikatnya buat kalian berkarir.

5. Mulai dari Anime Hingga Kebudayaan Jepang yang Hampir Disukai Oleh Semua Orang

All about Japan (Ilustrasi Nunoya)

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya. Banyak banget orang didunia yang jatuh hati dengan Jepang hingga ingin mempelajari bahasanya. Salah satunya sebab Anime. Dan yup, tentu saja dengan mempelajari bahasa Jepang tentu kalian bakal bisa menikmati Anime tanpa perlu pusing-pusing lagi mencari serial yang bersub-title.

Kebudayaan Jepang yang begitu ramah, tekun, dan begitu bagus juga menjadi alasan mengapa banyak orang sangat tertarik mempelajari Bahasa dan kebudayaan Jepang.

Selain menjadi alasan, hal-hal yang kalian kagumi tersebut juga bisa menjadi media buat kalian untuk mempelajari bahasa Jepang. Tentu ada banyak lagi manfaat dan alasan lainnya untuk mempelajari Bahasa Jepang, yang mungkin saya tidak tahu.

Walau begitu jangan lupa untuk mencintai budaya dan bahasa sendiri juga yah… ๐Ÿ™‚

Jadi gimana, kapan mau mulai belajar bahasa Jepangnya?. Sebelum mulai belajar, yuk ikuti tipsnya di artikel berikut ;

Tips Otodidak Belajar Bahasa Jepang Untuk Pemula

Please follow and like us:

17 Komentar

    1. Saya suka dengan anime dan budaya Jepang. Seringkali berkunjung ke festival Jepang yang diadakan oleh kampus-kampus sekitar. Tapi entah kenapa tidak ada niat khusus untuk belajar bahasa ini karena dulu punya teman anak Jurusan Jepang yang susah lulusnya. Jadi worry sendiri, hehe

  1. Salah satu impian saya. Isa traveling ke Jepang. Suka aja sejak dulu. Mungkin gara2 nonton kartunnya ya hehe
    Makanya wajib juga nih blajar bahasa jepang ๐Ÿ™๐Ÿ˜Š

  2. Dulu sempat pernah tergila-gila sama Jepang sampai pengin dapat beasiswa kesana. Apalah daya ngga dapat izin orangtua. Sampai sekarang pun paling semangat kalau bahas bau bau jejepangan.. dulu pas SMA juga ambil bahasa jepang untuk ekstrakulikulernya. Duh impian banget

  3. saya pernah belajar bahasa jepang sedikit waktu ambil kursus pariwisata. sayangnya nggak berlanjut. Padahal belajar bahasa dan budaya Jepang ini seru banget. Beberapa teman yang sempat jalan-jalan ke Jepang sempat mempersiapkan diri dengan mengausai bahasa komunikasi dasar. ah.. jadi pengen ke masa sekolah deh, hehe

  4. Saya salah satu penggemar anime dan punya keinginan untuk belajar bahasa jepang, biar nanti saat liburan ke jepang bisa komunikasi dengan orang jepang menggunakan bahasa jepang hehehe

  5. Anak mbarep saya ingin mendapat kesempatan ke Jepang karena suka anime. hehehe. Makanya saya bujuk ia belajar bahasa Jepang. Saya sendiri pernah kursus setahun saat kuliah.

    Tapi saya gagal meyakinkan karena terlalu jujur dengan mengatakan ada 4 jenis tulisan dan kalau mau mudah membayangkan hurufnya ya mirip honocoroko.
    Ealah… malah ga mau. Huhuhu….

  6. Kayak anakku nih, pengen belajar bahasa jepang supaya bisa menikmati anime berbahasa jepang.

    Wah sertifikat JLPT nggak ada masa berlakunya, enak banget ya. Sekali tes dan lulus, sertifikat bisa dipakai seterusnya kala dibutuhkan

  7. Mempelajari bahasa asing emang gak ada salahnya ya kak,kan bukan nggak mungkin suatu saat nanti ada kesempatan ke Jepang.
    Setidaknya tau basic nya dahulu, apalagi tempat kursus belajar bahasa Jepang mudah dijumpai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow Me!
Follow by Email
Facebook
Facebook
Instagram