Tips&Trend

Tips Otodidak Belajar Bahasa Jepang Untuk Pemula

Memiliki kemampuan bahasa asing sekarang ini sudah dianggap sebagai suatu investasi, sebab kemampuan bahasa asing akan menjadi nilai tambah ketika kita mulai masuk ke dunia kerja.

Bahkan saat ini, mampu berbahasa Inggris sudah dianggap suatu kewajiban untuk mulai berkarir. Sehingga untuk mendapat nilai lebih lagi, seseorang perlu menguasai setidaknya satu bahasa asing lain selain bahasa inggris.

Salah satu yang banyak digemari untuk dipelajari adalah bahasa Jepang. Bahasa dan kebudayaan dari negara matahari terbit ini kian digemari apalagi bagi mereka pencinta anime ataupun AKB48 😀 .

Agar dapat berkarir di Jepang, berkunjung ke Jepang, menonton anime, hingga mendekati gadis Jepang XD, menjadi alasan berbagai orang untuk mempelajarinya. Mempelajari bahasa asing yang satu ini juga memiliki beberapa keunggulan yang bisa kalian lihat di postingan sebelumnya “5 Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Bahasa Jepang“.

Dan apapun alasan yang membuatmu pengen belajar bahasa Jepang , khususnya secara otodidak. Sebaiknya simak beberapa tips berikut agar kalian semakin mudah dalam mempelajari bahasa yang satu ini:

1. Temukan Motivasi Belajarmu

Ilustrasi

Agar semakin mudah, serta kosistem dalam mempelajari salah satu bahasa tersulit di dunia ini, kamu harus punya motivasi yang cukup kuat. Misalnya, kamu ingin bisa meraih beasiswa ataupun mendapatkan pekerjaan di Jepang, menambah keahlian di CV, meraih sertifikasi JLPT, menonton anime tanpa sub-title, hingga bisa mengobrol dengan lancar dengan kenalanmu di Jepang.

Menonton video-video tentang orang-orang yang sukses di Jepang, juga akan menambah motivasi belajarmu. Sebab tanpa motivasi belajar yang cukup kuat, niat kamu bisa berhenti di tengah jalan atau bahkan hilang sebelum kamu memulainya.

2. Tentukan Target dan Kejar dengan “Kaizen!

Untuk menambah motivasi belajarmu, kalian wajib menentukan target. Misalnya, kalian akan mengikuti JLPT (tes bahasa Jepang) dan meraih level N5 di bulan Desember nanti. Atau mungkin buat target untuk menguasai materi buku Minna No Nihonggo setidaknya 1 Bab setiap minggunya.

Dengan target tersebut, semangat belajar kalian tentu akan timbul. Namun agar kalian tidak malas-malasan saat target kalian masih jauh. Gunakanlah metode Kaizen.

Metode hidup disiplin dari Jepang ini sangat bagus untuk kalian terapkan dalam mempelajari bahasa Jepang. Caranya kalian meWAJIBkan diri kalian untuk melakukan hal hal tertentu dalam durasi tertentu setiap harinya. Misalnya, kalian latihan membaca hiragana minimal 1 menit sehari. Walau semenit tetapi konsisten terus dilakukan setiap harinya.

Jangan memaksa diri untuk langsung mengatur misalnya membaca minimal 1 jam sehari, sebab kemungkinan besar beberapa hari saja kalian sudah merasa lelah dan bosan. Lebih baik menetapkan sedikit dan menambahnya secara perlahan tetapi konsisten.

3. Mulai Dengan Mengenal dan Menghapalkan Huruf Jepang

Huruf “NO” Hiragana (Source : 4ch.tokyo)

Daripada membeli buku dengan embel embel “mahir…., cepat ……dll” tetapi mempelajarinya dengan huruf latin. Lebih baik kalian memulainya dengan menghapalkan huruf-huruf dan berlatih membaca huruf jepang.

Sebelum itu kalian harus mengenal karakteristik serta penggunaan ke-3 huruf yang dipakai di Jepang yaitu Hiragana, Katakana, dan Kanji. Kalian bisa cari artikel, ataupun video yang memperkenalkan huruf yang digunakan di Jepang tersebut.

Lalu, mulailah dengan menghapalkan hiragana dan katakana. Kedua huruf tersebut adalah modal awal yang wajib kalian miliki sebelum memulai mempelajari bahasa ini.

Tak perlu membeli buku untuk menghapalkannya, beberapa video di Youtube sudah memberikan cara cepat mengahapalkan huruf tersebut dengan gratis. Salah satu yang aku rekomendasikan adalah video Youtube berikut :

Jangan lupa gunakan metode Kaizen . Tentukan target dalam menghapalkannya, dan rutinkan membaca dengan huruf tersebut setiap harinya minimal 1-5 menit. Kalian bisa gunakan website seperti http://crunchynihongo.com untuk latihan membaca.

4. Miliki Buku Wajib : Minna No Nihonggo

Minna No Nihonggo Textbook (Source : wordgrammar.net)

Entah mengapa hampir di semua tempat belajar bahasa jepang di dunia, selalu merekomendasikan buku yang satu ini untuk memulai belajar bahasa Jepang. Buku Minna no Nihonggo mengemas runtutan tata bahasa jepang dari yang paling dasar dengan sangat baik.

Untuk mempelajari buku ini kita perlu memiliki buku pendampingnya, yaitu buku Minna no nihonggo terjemahan dan tata bahasa. Buku ini juga sudah diterjemahkan kedalam berbagai bahasa di setiap negara yang mempelajarinya. Buku ini juga bisa digunakan untuk belajar secara otodidak karena cukup mudah difahami.

5. Hapalkan Setiap Kosakata Bab Buku Minna no Nihonggo

Kosakata Bahasa Jepang

Jangan terburu-buru mempelajari tata bahasanya. Sebelum mulai mempelajari setiap tata bahasa di setiap bab buku tersebut. Sebaiknya hapalkan dengan baik list kosakata yang disajikan di setiap babnya. Karena kebanyakan kendala terbesar setiap orang dalam mempelajari bahasa adalah tidak mengetahui kosakata yang mereka butuhkan.

Di buku Minna no Nihonggo, semua kosakata yang dibutuhkan disetiap babnya sudah dimasukkan list diawal bab. Pastikan menghapalkannya terlebih dahulu agar kalian semakin mudah memahami materi didalamnya.

6. Latih Pemahamanmu Setiap Hari

Ilustration by dreamstime

Masih di seputar metode Kaizen. Kemampuan bahasa akan hilang jika kalian tidak latih setiap hari.

Setelah kalian memahami tata bahasa per-babnya dar buku Minna no Nihonggo. Sebelum kalian berpindah kebab yang lain, kalian perlu melatih pemahaman kalian. Kerjakan semua latihan yang ada, review kembali hapalan kosakata kalian, dan cobalah berlatih membuat kalimat sendiri.

Lakukan itu setiap hari setidaknya 1-5 menit setiap harinya, sambil menghapalkan list kosakata yang ada di bab berikutnya. Kemampuan kalian akan semakin meningkat jika melakukan ini setiap harinya.

7. Ciptakan Lingkungan Berbahasa Jepang

Ilustration : Tofugu

Tentu saja, agar kemampuan kalian semakin terasah. Kalian harus mempunyai lingkungan keseharian yang berbahasa Jepang. Kalian bissa menciptakannya sendiri!

Kalian bisa mencoba membuat kalender dengan kanji Jepang agar kalian bisa menghapalkan hari dan tanggal dengan mudah. Selain itu kalian juga bisa menempelkan kanji dari benda benda yang ada di rumah maupun di kamar kalian.

Cobalah juga untuk bergabung dengan kelompok orang-orang yang juga tertarik mempelajari bahasa Jepang juga sepertimu, agar kalian bisa bertukar pikiran.

Kalian juga perlu rajin-rajin menonton kartun ataupun serial-serial Jepang agar pemahaman bahasa kalian bisa bertambah. Salah satu kartun berbahasa Jepang yang cocok untuk pemula adalah kartun anak-anak seperti crayon shinchan.

Menonton ataupun mengikuti konten youtube maupun instagram yang memberikan lesson bahasa Jepang juga sangat bagus untuk kita ikuti.


Ya, itulah tips yang saya lakukan ketika saya mempelajari bahasa Jepang dulu. Tips ini benar-benar akan mempermudah dan meruntutkan materi yang kalian butuhkan ketika baru mulai mempelajari bahasa Jepang.

Tips ini juga sepertinya akan sangat bermanfaat untuk mempelajari bahasa asing lainnya. Khususnya metode Kaizen, metode ini bukan hanya bagus dipakai untuk belajar. Tetapi juga sangat baik untuk diterapkan dalam berbagai hal di kehidupan sehari-hari kita loh. Mungkin nanti akan saya bahas terpisah ya…

Ja… Arigatou Gozaimashita Minna San yang sudah membaca artikel ini.

Semoga sukses apapun target kalian dalam mempelajarinya, Ganbatte Kudasai! ^^

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow Me!
Follow by Email
Facebook
Facebook
Instagram