Information & Technology Tips&Trend

Metode Kaizen Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Malas

Pernah gak sih diantara kalian yang kepengen melakukan ataupun mulai ngerjain sesuatu tapi ujung-ujungnya suka menunda-nunda?

Misalnya kalian rencana mau diet. Rencananya mau mulai diet besok, tapi pas besok ditunda ke akhir pekan. Pas diakhir pekan, malah mikir “eh, sekalian bulan depan aja deh…”

Bukan cuman rencana rutinitas, pekerjaan seperti tugas kampus hingga membersihkan kamar juga tidak sedikit orang menunda-nunda untuk melakukannya. Bahkan walaupun kalian sudah berjanji untuk diri kalian sendiri.

Penyebabnya tentu beragam ya, tapi yang paling umum itu tentu saja ‘Rasa Malas’. Tugas kuliah menumpuk, Niat diet gak jalan juga, mau menambah kemampuan bahasa gak jadi-jadi , dan lain-lain akhirnya menimbulkan rasa penyesalan di diri kita.

Padahal, sikap menunda-nunda itu gak baik loh buat produktifitas kita yang tentu saja akan berdampak tidak baik ke masa depan kita.

Lalu, bagaimana sih agar bisa produktif dan tidak terus-terusan menunda nunda seperti itu?

Menentukan Catatan Jadwal Sepertinya Belum Cukup

Ilustrasi KQED

Banyak diantara kita yang sudah berusaha membuat jadwal, ataupun pengingat untuk melakukan sesuatu. Tetapi kalau tidak menundanya, kalian mungkin melaksanakannnya, tapi…. selang beberapa waktu berhenti melakukannya dan mulai menundanya lagi.

Bukan hanya berhenti, catatan jadwal yang kalian buatpun tak lama akan kalian abaikan, bahkan kalian juga sudah mulai malas untuk mengisinya.

Yakin deh, tak sedikit dari kalian yang punya harapan besar, dan sering menyesal jika menunda suatu pekerjaan. Walaupun menyesal kalian masih tetap saja merasa malas dan menunda-nunda pekerjaan.

Pastinya juga, tidak sedikit dari kalian yang ingin lepas dari rasa malas itu. Kalian bahkan mencari-cari cara agar berhenti bersikap menunda-nunda pekerjaan, hingga kalian menemukan artikel ini.

Kaizen

Ilustrasi bigstock.com

Apakah kalian pernah mendengar kata itu?

Kaizen ( ζ”Ήε–„ ) yang sebenarnya terdiri dari 2 suku kata dalam bahasa Jepang bermakna “Berubah dan Kebijaksanaan”. Adalah suatu metode hidup yang banyak diterapkan oleh orang di Jepang.

Kaizen merupakan metode hidup yang berfokus sebagai tindakan perbaikan ke arah yang lebih baik dan dilakukan terus-menerus.

Kita semua tau kan Jepang itu negara yang mempunyai etos kerja yang tinggi. keren ya, satu negara bisa punya budaya yang seperti itu. Itu karena mereka sudah dilatih sejak kecil.

Simplenya begini, kalian mungkin sering menunda-nunda suatu pekerjaan karena kurangnya kesadaran atas pentingnya pekerjaan itu. Sehingga kalian bersikap lalai dan abai dan merasa itu bukanlah suatu yang wajib yang kalian kerjakan, walaupun hal tersebut penting.

Mengapa kalian mengabaikannya? Karena kalian jarang mengerjakannya. Kalian bahkan lebih sering pesimis duluan sebelum mengerjakannya.

Lalu bagaimana kaizen itu bisa mengubah rasa malas kalian?

Mengulangi Aktifitas yang Sama Terus Menerus

Ilustrasi yourdictionary

Ini adalah kunci utama dari kaizen. Agar kalian bisa menyelesaikan ataupun mau untuk memulai mengerjakan sesuatu maka kunci utamanya adalah kalian harus memaksa diri kalian untuk melakukannya setiap hari.

Hal-hal yang kalian sudah tentukan itu, harus kalian lakukan hingga terbentuk rasa tanggung jawab dan perasaan wajib untuk melaksanakannya.

Misalnya, setiap harinya kalian menentukan untuk berolahraga, belajar bahasa inggris, membaca Al-Quran dll.

Ibaratnya seperti anda yang muslim, beberapa diantara orang Islam sudah memiliki rasa kewajiban yang tinggi untuk melaksanakan sholat 5 waktu. Orang-orang yang sudah berhasil melaksanakan sholat 5 waktu tanpa bolong setiap harinya, pasti akan merasa gelisah jika mereka tidak melaksanakan salah satu diantaranya, mengapa?

Karena hal itu sudah dia lakukan setiap hari. Jadi untuk menimbulkan rasa gelisah ketika tidak mengerjakannya adalah kerjakan dan ulangi setiap hari.

Tapi, rupanya mengulangnya saja setiap hari belum cukup loh, apalagi kalau baru memulai.

Jangan Langsung Mengerjakan Rutinitas Baru Dalam Jumlah Besar atau Durasi yang Lama

Mungkin kalian sudah sering mencoba cara sebelumnya untuk mengulangi apa yang kalian jadwalkan setiap harinya. Tetapi rutinitas baru kalian itu seringkali perlahan-lahan mulai malas kalian kerjakan, bahkan berhenti melakukannya.

Tau penyebabnya? Itu karena kalian terlalu memaksa diri kalian untuk melakukannya dalam waktu yang lama setiap harinya.

Mungkin kalian sudah merencanakan hal hal baru untuk kalian lakukan setiap harinya dengan baik, misalnya untuk mulai berolah-raga. Tetapi kalian langsung menetapkan untuk melakukannya 1 jam setiap harinya.

Sehingga mungkin baru beberapa hari kalian melakukannya, kalian akhirnya merasa terbebani dan malas untuk melanjutkannya.

Hal yang sama juga biasa kalian lakukan saat berniat belajar setiap hari tapi kalian memaksa untuk melakukannya selama 3 jam dalam sehari. Baru beberapa hari saja kalian mulai lelah dan bosan melakukannya.

Hey guys… pekerjaan yang dilakukan sedikit demi sedikit tetapi rutin itu lebih baik loh daripada memaksa diri kalian untuk mengerjakannya seabrek, karena akan membuat kalian cepat lelah dan berhenti ditengah jalan.

1 Menit Setiap Hari, Bisa Mengubah Hidup Kalian

Jadi ini adalah kunci berikutnya dari Kaizen. Kalian harus mulai mengerjakan dan rutin melakukan sesuatu cukup dari 1 menit saja setiap harinya di waktu yang sama.

Apa bakal ada progresnya? Eh, jangan anggap remeh. 1 menit yang dilakukan setiap hari saja bakal mampu merubah kehidupan kalian menjadi lebih baik loh.

Tapi saat kalian kerjakan dalam semenit ini, kalian harus mengerjakannya dengan fokus tanpa gangguan. Seperti gangguan bermain gadget, atau hal hal lainnya.

Misalnya saja, kalian berniat untuk berlatih piano setiap hari, ataupun berolahraga setiap hari. Daripada malas duluan untuk melakukannya. Lebih baik kalian melatih diri kalian untuk mulai berlatih piano dengan 1 menit setiap hari, begitu pula dengan berolahraga 1 menit setiap harinya.

Karena jika kalian lakukan, walau hanya semenit. Itu akan memberikan rasa puas pada diri kalian, sehingga menimbulkan rasa tanggung jawab dan ketagihan setiap harinya. Seiring waktu kalian bisa menambah durasinya sedikit demi sedikit.

Bisa aja kalian hari ini kerjakan hanya selama 1 menit, tapi hari-hari berikutnya kalian mengerjakannya selama 5 menit, 10 menit, hingga berjam-jam.

Itulah yang diterapkan pada anak anak di Jepang sejak kecil. Untuk bertanggung jawab mengerjakan berbagia hal dari satu menit setiap harinya. Seperti membersihkan tempat tidur, berjalan-jalan, belajar, ataupun mengerjakan hal-hal lainnya.

Jadi kunci utamanya adalah “Kerjakan Sedikit Demi Sedikit dan Mengulangnya Setiap Hari” yang terpenting adalah kalian konsisten melakukannya.

1 Menit Apakah Akan Efektif?

Mungkin kalian sejenak bertanya-tanya apakah mungkin ini akan efektif kita kerjakan setiap harinya?

Cukup ingat, seperti yang ada di point sebelumnya. Usaha yang terlalu keras dan gak rutin, justru bakal hanya menghabiskan tenaga kalian, beberapa progress akan hanya membuat kalian capek dan bosan. Itu jauh lebih tidak efektif.

Dibandingkan melakukannya secara perlahan-lahan, sedikit demi sedikit, tetapi konsisten. Karena itu akan melatih otak dan diri kalian.

Prinsip ini bisa diterapkan ke semua aspek kehidupan kalian. Ke semua hal yang ingin kalian raih.

Jadi cara menghilangkan rasa malas, mulailah dengan menyusun kebiasaan-kebiasaan baru yang kalian mau kerjakan setiap harinya.

Misalnya kalian menyusun dalam sehari kalian mengerjakan,

  • 1 Menit Membersihkan Kamar
  • 1 Menit Membaca Artikel Bermanfaat
  • 1 Menit Belajar Bahasa Inggris
  • 1 Menit Push Up
  • Selesaikan 1 Halaman Tugas
  • Hapalkan 1 Kosakata Baru

Dan kalian konsisten setiap hari lakukan itu. Bayangin aja bagaimana perkembangannya beberapa minggu kedepan?

Daripada kalian hanya bermalas-malasan sepanjang hari. Hari berlalu begitu aja, tanpa ada hal berarti yang kalian kerjakan. Lebih baik lakukan sedikit tapi ada bukan?

Ingat waktu gak bisa diulang loh! Segala sesuatu harus kita siapkan dan harus kita kerjakan mulai dari sekarang juga.

Jadi, mulai sekarang juga, sisihkan kebiasaan baru setidaknya 1 menit setiap harinya!

Please follow and like us:

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow Me!
Follow by Email
Facebook
Facebook
Instagram